Jasa Konsultan PBG dan Pengurusan Melalui SIMBG

Jasa Konsultan PBG dan Pengurusan Melalui SIMBG

Pengurusan perizinan bengunan berupa Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) adalah hal yang harus dilakukan sebelum memulai kegiatan konstruksi pembangunan gedung. Selain itu PBG juga merupakan salah satu persyaratan dasar dalam mengurus perizinan berusaha. Pengurusan PBG dapat dilakukan melalui laman Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) dan dalam pelaksanaannya pelaku usaha dapat menggunakan jasa layanan konsultan.

Untuk memperoleh perizinan berusaha, pelaku usaha harus memenuhi persyaratan dasar sesuai peraturan perundang-undangan. Berdasarkan Pasal 5 ayat (1) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko.

Persyaratan dasar yang harus dipenuhi untuk mengajukan Perizinan Berusaha meliputi:

Persetujuan Bangunan Gedung (PBG)  yang saat ini telah telah menggantikan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sebagai bukti legalitas bangunan sejak diterbitkannya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung. Dalam pengajuan PBG ini pelaku usaha dapat menggunakan jasa pendampingan dari konsultan perizinan.

Definisi Persetujuan Bangunan Gedung

Berdasarkan Pasal 1 ayat (17) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung pemerintah, Persetujuan Bangunan Gedung yang selanjutnya disingkat PBG adalah perijinan yang diberikan kepada pemilik bangunan gedung untuk membangun baru, mengubah, memperluas, mengurangi, dan/atau merawat bangunan gedung sesuai dengan standar teknis bangunan gedung.

Fungsi Persetujuan Bangunan Gedung

PBG wajib dimiliki selain sesuai ketentuan pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung, PBG juga memiliki fungsi antara lain:

  • memastikan legalitas bangunan,
  • memastikan penyelenggaraan bangunan gedung tersebut memenuhi standar yang menjamin keselamatan, kenyamanan, kesehatan, dan kemudahan bagi pengguna, dan
  • meningkatkan nilai jual bangunan.

Kebutuhan Data dalam Permohonan PBG dan Pendampingan Jasa Konsultan

Untuk mengajukan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG), Pemohon harus melengkapi beberapa data antara lain:

  1. Data Tanah berupa legalitas bukti kepemilikan lahan (termasuk perjanjian sewa/jual beli (jika melakukan sewa/jual beli), gambar batas persil, laporan hasil penyelidikan tanah
  2. Data Umum meliputi identitas pemohon (penanggung jawab) dan legalitas akta perusahaan, KRK/KKPR, Dokumen lingkungan, Dokumen ANDALALIN, dan data perencana konstruksi bersertifikat.
  3. Data Teknis berupa:
  • gambar konsep rancangan arsitektur,
  • gambar arsitektur,
  • spesifikasi teknis (dapat berupa RKS),
  • rekomendasi drainase/peil banjir (bila dibutuhkan),
  • perhitungan struktur,
  • gambar struktur,
  • gambar mekanikal elektrikal plumbing,
  • perhitungan mekanikal elektrikal plumbing (jika ada).

Informasi yang lebih detail terkait:

  • KKPR / PKKPR dapat diakses melalui tautan ini,
  • Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin) dapat diakses melalui tautan ini,
  • Sertifikat Laik Fungsi (SLF) dapat diakses melalui tautan ini.

Pemenuhan kebutuhan data untuk pengajuan PBG seringkali menjadi hal yang merepotkan bagi pelaku usaha, oleh sebab itu bekerja sama dengan penyedia jasa layanan konsultan yang berpengalaman dapat menjadi solusi yang tepat.

Alur Penerbitan Persetujuan Bangunan Gedung

Persetujuan bangunan gedung yang dimohonkan harus memuat standar teknis bagunan gedung yang dinilai oleh Tim Profesi Ahli. Pelaku usaha dalam memohonkan PBG perlu melakukan pengajuan melalui Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) untuk kemudian ditindaklanjuti ke dinas (unit teknis) / SKPD terkait.

Langkah Pengajuan PBG melalui SIMBG dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • pengumpulan dan analisis data,
  • penyusunan berkas,
  • pengajuan permohonan,
  • verifikasi administrasi*,
  • kunjungan lapangan/konsultasi,
  • verifikasi teknis,
  • pembayaran retribusi, dan
  • penerbitan PBG**.

*Pada tahap verifikasi administrasi, pemohon diharuskan mengirimkan berkas dalam bentuk cetak ke Dinas. Ketentuan ini didasarkan pada ketentuan masing-masing daerah dalam penerbitan PBG.

**Penerbitan SK PBG dapat dilakukan dengan cetak mandiri SK dan melakukan pengambilan gambar ke Dinas atau mengambil SK dan gambar di Dinas secara langsung sesuai peraturan yang berlaku di masing-masing daerah.

Di dalam proses pengajuan PBG ini diperlukan kecermatan di dalam setiap langkah yang dilalui, oleh sebab itu pendampingan dari penyedia jasa layanan konsultan yang berpengalaman akan meminimalkan terjadinya hambatan. Dalam menentukan jasa konsultan pendamping ini sebaiknya juga menekankan pentingnya pengalaman menggunakan SIMBG untuk proses pengurusan PBG.

PBG bagi Bangunan Gedung yang Telah Terbangun

Bagi bangunan yang telah berdiri namun belum memiliki PBG maka untuk memperoleh PBG pemohon dapat langsung melalui pengurusan Sertifikat Laik Fungsi (SLF) (sesuai kebijakan masing-masing daerah).

Sedangkan bagi bangunan gedung yang telah memiliki izin sebelum Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung diberlakukan, maka izin yang dimiliki dinyatakan masih berlaku hingga berakhirnya izin yang telah dimiliki (tidak ada perubahan bangunan atas izin yang dimiliki).

Pelaku usaha yang telah memiliki bangunan gedung tanpa melalui proses PBG dapat berkonsultasi dengan penyedia jasa konsultan perizinan yang telah berpengalaman dalam menangani kondisi yang sejenis.

PT Primax Mitra Sakti sebagai Penyedia Jasa Layanan Konsultan Pengurusan PBG

PT Primax Mitra Sakti adalah penyedia jasa layanan konsultan perizinan berusaha dan lingkungan yang telah berpengalaman dalam membantu penerbitan dokumen perizinan termasuk PBG. Anda dapat melihat seluruh layanan Kami melalui halaman core business. Jika Anda ingin berkonsultasi dengan kami, Anda dapat menghubungi kami melalui tautan ini. Artikel mengenai KKPR dapat dibaca pada tautan ini.

Silakan menghubungi kami untuk mendapatkan layanan terbaik jasa konsultan pengurusan perizinan PBG yang berpengalaman.